.
Home » , , » Langkah-langkah Instalasi Windows XP

Langkah-langkah Instalasi Windows XP

Written By Admin on Rabu, 28 Desember 2011 | 9:33 PM





          Berikut merupakan panduan lengkap instalasi windows XP beserta gambarnya. Sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit tentang Windows XP.
          Windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling banyak dipakai sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan dan perguruan tinggi pada umumnya.
Ada beberapa jenis windows xp diantaranya windows xp professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, Professional 64-bit Edition For Itanium.
Langsung pada topik pembahasan, cara-cara menginstal Windows XP :


1. Siapkan
  • CD Master atau CD Instal Windows XP
  • CD ROM/ DVD ROM
2. Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan:

  • Prosesor Pentium 1.5 Ghz/AMD yang setara
  • CDROM/DVDROM drive
  • RAM 128 MB

  1. Catatan: lebih baik komputer Anda mempunyai spesifikasi yang lebih, agar performanya lebih cepat.


3. Sebelum menginstal Anda harus mempunyai CD master Windows XP atau CD Installer Windows XP terlebih dahulu kemudian masukan di CDROM/DVDROM. Lalu restart komputer, nampak tampilan seperti gambar (Setiap komputer tampilannya berbeda). Kemudian masuk BIOS Setup tekan tombol Delete pada keyboard agar dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard untuk masuk ke BIOS. Kamu dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.




4. Tekan terus menerus F2 atau Delete hingga berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar. Catatan : Setap mainboard pasti berbeda-beda tampilan BIOSnya.
5. Setelah itu Kamu merubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- di keyboard atau tekan Enter lalu pilih [CD ROM]. Tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi atau pilih menu Exit lalu Save.




  1. 6. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan lalu tekan Enter dengan cepat. Kemudian akan mucncul tampilan seperti gambar berikut "Press any key to boot from CD...." Tekan Enter dengan cepat agar masuk pada windows setup.


 


  1. 7. Kemudian muncul tampilan WindowS Setup untuk mengecek hardware-hardware yang terpasang pada komputer. Pada langkah ini Anda tidak melakukan apapun.




  1. 8. File-file dalam CD MASTER tadi akan di load kedalam komputer. Kemudian akan muncul tampilan "Welcome to Setup" seperti dibawah ini 




9. Tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi/memperbaiki Windows yang sudah pernah terinstal atau F3 untuk mengakhir/keluar proses instal. 
  1.  
10. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses . Kemudian akan tampil semua partisi harddisk Anda. Pada gambar dibawah posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal.
11. Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi yang ingin kamu buat dalam satuan megabytes(MB) dan tekan Enter untuk membuat partisinya seperti terlihat pada gambar.
  1. 12. Tekan Enter untuk melakukan proses instal atau Delete untuk menghapus partisi.
  2. 13. Apabila Anda ingin membuat dua paristisi Local Disk C: dan Lokal disk D: caranya bagi dua jumlah kapasitas harddisk AndaContoh: kapasitas harddisk Anda 20000MB kemudian tekan C (Crete partition) kemudian tulis 10000MB pada partisi pertamakemudian tekan Enter dan terdapat sisa kapasitas harddisk lalu tekan C (Crete partition) untuk membuat partisi yang kedua dan Enter. Contoh gambar
    14. Kemudian pilih partisi yang pertama lalu tekan Enter untuk melakukan proses instal atau Delete untuk menghapus partisi. Dan pilih NTFS file system (Quick)  lalu tekan Enter.
    15. Kemudian akan muncul proses format seperti gambar dibawah ini
    16. Setlah pemformatan selesai, kemudian windows akan menyalin file untuk proses instalasi seperti gambar dibawah ini (pada langkah ini tidak melakukan apapun)
    17. Setelah proses penyalinan selesai, maka komputer akan merestart secara otomatis (boleh tekan Enter kalo tidak ingin menunggu)
    18. Setelah merestart akan mucul loading windows seperti gambar dibawah ini
    19. Selanjutnya proses instalasi windows dimulai
  1. 20. Tunggu sampai pada layar berikut Click Next.
21. Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Anda kemudian tekan Next.
22. Disini Anda akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows Anda tekan Next lagi.
23. Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.
24. Set Time Zone sesuai dimana Anda berada, untuk Indonesia pilih pada posisi (GMT+07:00)Bangkok, Hanoi, Jakarta klik Next.
25. Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual lalu klik Next.
26. Bila Kamu terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan namaDOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.


      27. Selanjutnya akan muncul display setting, klik Oke saja..
      27. Windows akan mendeteksi tampilan optimal pada PC Anda, Sperti gambar dibawah dan Klik Oke saja.
    28. Proses Instalasi hampir selesai dan akan muncul loading jendela windows seperti gambar berikut

    29. Anda akan dibawa untuk yang pertama kali kedalam halaman windows, tekan next pada gambar berikut ini


    30. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Help protect my PC by turning on Automatic Update Now berguna agar windows di update otomatis, pilih saja Not Right  Now 


    31. Komputer akan mengecek koneksi internet pilih saja skip


    32. Kemudian akan mucul aktivasi windows seperti gambar dibawah ini, plih No. lalu tekan Next


    33. Setelah itu muncul tampilan untuk memasukan nama pengguna komputer silahkan isi sesuai keinginan Anda. Tampilan berikut ini menunjukkan pilihan untuk menambah pengguna komputer. Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda. Namun jika satu akun sudah cukup atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik Next





    Pada tampilan berikut tekan finish. Proses Instalasi windows pun selesai. horeeeee.....


    Semoga bermanfaat...
    http://rizkyguna1.blogspot.com
    Share this article :

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terimakasih telah membaca artikel ini, komentar Anda sangat membantu blog ini :)

    Komentar Blogger Sejati

    Saya adalah

    Foto saya
    Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
    Rizky Gunawan, Seorang yang lagi belajar menulis dan berbisnis online (Inernet Marketing) lahir di Rawa Panjang, Bekasi.
     
    Support : Rizkygunawan1@gmail.com | Facebook | Twitter
    Copyright © 2011. Rizgun(dot)com - All Rights Reserved
    Template Modify by Rizgun Blog
    Proudly powered by Blogger